Profile Arab Saudi di Piala Dunia 2018

Saudi Arabia menurut sumber resmi Agen Piala Dunia menjadi salah satu dari lima negara dari Asian Football Confederation (AFC) meluncur ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Seperti ketentuan yang ada, terdapat 4.5 slot yang disediakan untuk tim nasional negara yang tergabung dengan Asian Football Confederation atau AFC. Keempat negara ini lolos dari pertandingan kualifikasi Asian Football Confederation (AFC) di group A dan B. Sedangkan 1 negara lain melaju masuk ke babak 32 besar setelah melalui babak kualifikasi keempat. Saudi Arabia merupakan salah satu negara yang berhasil mendapatkan tiket emas ke Piala Dunia 2018 di group B. Bersama dengan negara Jepang yang berada di group yang sama.

 

Babak kualifikasi yang dijalani oleh Saudi Arabia di Asian Football Confederation (AFC) untuk bisa meraih tiket emas ke Piala Dunia 2018 sama sekali tidak mudah. Tim dari negara ini harus berhadapan bukan hanya dengan satu negara unggulan,  namun sekaligus tiga. Di group B pada babak kualifikasi ketiga, Saudi Arabia harus berhadapan dengan tim Australia, Jepang, dan juga United Arab Emirates sekaligus. Saudi Arabia sendiri langsung meluncur dari babak kedua ke babak kualifikasi ketiga sebagai pemenang Asian Cup. Sehingga memang peluang mereka untuk bisa masuk ke babak kualfikasi group 32 besar di Piala Dunia 2018 sudah cukup terbuka lebar. Meski tetap saja, perjalanan mereka tidak mudah.

Dukung Arab Saudi di Piala Dunia 2018 dengan cara pasang taruhanmu di Sbobet Mobile Terpercaya!

Di babak kualifikasi group B, Saudi Arabia meraih 6 kali kemenangan dengan 3 kali kalah dan satu hasil imbang. Mereka mengumpulkan total 19 poin. Hanya berjarak satu poin saja dari Jepang yang berada di peringkat pertama. Sedangkan Australia yang juga mengumpulkan 19 poin dari total 5 kemenangan berada di peringkat 3 dan melaju ke babak kualifikasi keempat. Saudi Arabia bersama Jepang sudah langsung meluncur dengan tiket emas untuk masuk ke babak kualifikasi group 32 besar Piala Dunia 2018 di Rusia pada 15 Juni hingga 15 Juli mendatang.

 

Tim yang dimanajeri oleh Juan Antonio Pizzi ini bukan pertama kalinya masuk ke Piala Dunia. Bahkan kali ini menjadi kali kelima untuk negara tersebut berlaga di kompetisi kelas dunia yang digelar 4 tahun sekali ini. Saudi Arabia pertama kali bertanding di Piala Dunia pada 1994. Kala itu, mereka pun langsung mencetakan catatan finish tertinggi sepanjang sejarah di babak 16 besar. Sesuatu yang tentunya berniat diubah oleh tim nasional Saudi Arabia bersama dengan kapten Osama Hawsawi pada tahun ini.

 

Walau secara konsisten menunjukan permainan yang lebih baik, Saudi Arabia masih berada di peringkat 77 FIFA pada tahun ini. Negara tersebut sebelumnya mencatatkan peringkat tertinggi mereka di posisi 21 pada tahun 2004 silam. Peringkat yang dicatat terakhir pada 12 April kemarin ini berdasarkan dari beberapa pertandingan terakhir Saudi Arabia di kancah internasional.

 

Dari data pertandingan persabatan jelang Piala Dunia 2018 ini, Saudi Arabia berlaga sebanyak 4 pertandingan. Dari laga tersebut, mereka membawa pulang satu kali kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kali kekalahan telak. Masing-masing kekalahan telak mencatatkan skor 4-1 dan 4-0 (Sumber data resmi live score SPBO) pada laga tandang. Rupanya ini menjadi salah satu alasan rendahnya ranking Saudi Arabia di peringkat FIFA untuk tahun 2018 ini.

 

Untuk berlaga di Piala Dunia nanti, Saudi Arabia sudah siap memanggil beberapa pemain unggulan mereka. Salah satunya, Mohammad Al-Sahlawi.